Manfaat Jambu Kristal Untuk Tubuh Yang Tinggi Vitamin C dan Serat

 https://www.beritadanresep.my.id/2023/07/manfaat-jambu-kristal-untuk-tubuh-yang.html

Mengenai jambu kristal - manfaat jambu kristal untuk kesehatan, ada banyak manfaat dan kita tahu. Jambu kristal tidak berbeda dengan jambu-jambu pada umumnya seperti jambu batu atau jambu klutuk jadi sama.

Namanya si jambu kristal ini yaitu presidium guajava jadi ini nama ilmiahnya, jadi jambu kristal memiliki keunggulan yang padat dagingnya ketimbang jambu biji biasa. Karena buahnya yang tebal hanya memiliki biji yang sedikit 3% saja dan manis renyah serta nyaris tidak berbiji dagingnya juga renyah, mengandung cukup banyak air.

Berikut beberapa manfaat jambu kristal bagi kesehatan, yakni:

Menangkal radikal bebas
Jadi manfaat jambu kristal ini terutama pada kandungan vitamin C-nya yang sangat tinggi. Sehingga di katakan ini bertindak sebagai zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dari berbagai masalah kesehatan hingga penuaan dini juga kanker.  

Disini juga vitamin C yang ada dalam jambu kristal manfaatnya mampu mengurangi atau menangkal sariawan. Ini dipercaya menyembuhkan sariawan dan kekebalan tubuh meningkat, dengan adanya kandungan vitamin C dalam jambu kristal.

Menyehatkan saluran cerna
Jadi manfaatnya disini karena serat yang ada di jambu kristal, dengan demikian maka serat makanan yang terkandung cukup besar. Bisa mencegah terjadinya konstipasi atau sembelit, memberi volume pada feses dan disini juga mencegah terjadinya diare bahkan mengobati diare.

Sebab sebagaimana pada pucuk atau daunnya mengobati diare juga. Setelah itu seratnya juga membantu memadatkan tekstur feses sehingga bisa mencegah terjadi diare. Apabila ada diare dan pastinya memang kalau kita melihat dengan mungkin pada saat buang air besar maka akan seperti bulir-bulir, sisa serat yang dimakan dari jambu kristal banyak.

Membantu menurunkan berat badan
Manfaat jambu kristal itu adalah dapat memperlambat waktu pengosongan lambung, dengan bantuan seratnya sehingga merasa kenyang lebih lama. Kandungan serat yang tinggi pada jamur kristal itu dapat menurunkan penyerapan gula ke dalam dan menguatkan ekskresi asam empedu. Jadi pentingnya disini jambu kristal mampu menurunkan berat badan.

Meringankan gejala flu
Tidak disangka manfaat jambu kristal ini menghambat aktivitas bakteri dan mikroba yang menyebabkan munculnya gejala flu terutama batuk. Disini jambu kristal dipercaya dapat mengurangi lendir di tenggorokan sehingga Anda bisa bernafas dengan lega berkat kandungan di dalamnya. Kemudian lagi di sini jambu kristal apabila kita konsumsi dengan rajin atau rutin maka anda yang mengalami gangguan di bagian saluran nafas akan mengalami perbaikan perlahan-lahan.

Menjaga kesehatan mata
Jambu kristal mengandung vitamin A untuk kesehatan, dengan mengkonsumsi jambu kristal secara rutin dapat mengatasi berbagai gangguan mata seperti rabun jauh, rabun dekat, silindris, rabun ayam hingga katara.

Jadi meski demikian jambu ini perlu dibuktikan nanti secara medis, jadi disini pentingnya asupan secara perlahan tapi pasti. Namun akan membantu memperlambat kerusakan pada mata, jadi disini menjaga kesehatan mata.

Meningkatkan kekebalan tubuh
Kita tahu jambu kristal salah satu buah yang memiliki vitamin C yang tinggi, sehingga dengan vitamin kita dapat asupan dari jambu kristal, sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas.

Juga vitamin C di sini penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Dengan demikian kekebalan tubuh akan meningkat karena terlapisi nya sistem saluran evitel atau saluran sel-sel kita oleh adanya kandungan vitamin C yang ada di dalam tubuh.

Menjaga kesehatan kulit
Jadi sifat antioksidan serta kandungan vitamin dan mineral dalam jambu kristal bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Jadi ini diyakini dapat membantu menjaga kelembaban kulit dan mencegah penuaan. Kandungan vitamin juga dikenal dapat mengatasi masalah kulit seperti iritasi dan kemerahan.

Menjaga kesehatan jantung
Yang namanya langsung vitamin C itu sebagai antioksidan pada jambu kristal. Kemudian kaliumnya juga, dan seratnya juga.  Tiga komponen ini yang pertama kalium adalah nutrisi yang berperan dalam mengontrol tekanan darah. Kalium kita tahu mampu menurunkan tekanan darah dan juga mengontrol tekanan darah agar tetap stabil.

Sementara serat dan kalium dapat mengurangi peradangan pada jantung dan serat membantu menghambat penyerapan dari lemak yang di saluran cerna. Sehingga laju penyerapan lemak akan berkurang, sehingga jantung lebih sehat serta membantu menurunkan kadar kolesterol didalam darah yang jahat. Jadi dalam darah ini pentingnya kita mengkonsumsi dan manfaat yang kita ambil dari jambu kristal. Semoga Bermanfaat.